Pengobatan Eksim

Pengobatan eksim dapat dilakukan sendiri di rumah. Pengobatan ini diarahkan pertama-tama untuk mengatasi rasa gatal, yang kadang hebat dan sangat menjengkelkan. Bila tidak tersedia obat, maka (untuk sementara) dapat digunakan kompres air dingin (air es) yang tiap jam diganti beberapa kali untuk meringankan rasa gatal tersebut. Khususnya pada eksim basah (dengan keluarnya cairan) cara kompres ini layak digunakan.

Obat-obat yang banyak digunakan pada pengobatan eksim seperti :

- Krem Lemak Netral (Krem Lanette)

Krem ini dapat dibeli bebas di apotik. Sangat penting untuk mengoleskan krem ini pada tempat yang terkena eksim, agar kadar lembab kulit terpelihara dan menghindari pengeringan lebih lanjut dan memburuknya eksim.

- Salep Ter

Salep ter adalah obat lama yang kini masih sering digunakan. Di apotik dapat dibeli bebas salep ter dengan 5-10%, yang sering kali sangat berguna untuk meredakan gejala eksim. Kekurangannya adalah baunya yang kurang enak.

- Antihistaminika

Obat ini banyak digunakan untuk mengatasi rasa gatal karena kaligata, kulit kering dan sengatan serangga. Zat-zat ini berkhasiat melawan efek histamin, yang pada reaksi alergi dilepaskan sel-sel mast kulit dan mukosa. Hisatamin adalah penyebab utama dari antara lain gatal-gatal dan pembengkakan. Juga pada eksim, antihistaminika sering kali dapat meredakan rasa gatal, tetapi ternyata efek baiknya bertahan hanya untuk sementara waktu. Penggunaannya pada kulit tidak dianjurkan karena sering kali menimbulkan reaksi kepekaan berlebihan.

Dari sekian banyak preparat antihistamin yang tersedia di pasaran, terdapat beberapa krem bebas dengan efek baik sebagai antigatal, yakni prometazin (Phenergan) dan tripelennamin (Tripel), begitu pula lotion dengan difenhidramin (komb. Caladryl).

Bila eksim tersebar di seluruh tubuh, maka lebih praktis dan efektif untuk minum obat (tablet, kapsul, sirop) yang bekerja melalui darah. Untuk itu, selalu sedia prometazin (Phenergan), feniramin (Avil) dan difenhidramin (Benadryl)

Jika antihistaminika kurang memberikan efek, dokter dapat meresepkan obat keras, hormon anak-ginjal hidrokortison, yang selain melawan peradangan, juga berdaya antigatal kuat. Yang banyak digunakan adalah antara lain hidrokortison (Locoid) dan turunan sintetiknya triamsinolon (Kenacort) dan fluokortolon (Ultralan).

- Hidrokortison

Merupakan hormon anak-ginjal alami. Kortikoida ini sangat ampuh meredakan reaksi imun dan meringankan rasa gatal eksim, tetapi hanya untuk sementara saja. Setelah beberapa waktu, eksim akan kambuh lagi secara mendadak. Pilihan pertama adalah hidrokortison asetat 1% karena zat ini walaupun daya kerjanya lebih lambat, namun kambuhnya gejala juga tidak begitu cepat dibanding obat-obat lainnya dengan khasiat yang 10-20 kali lebih kuat.

Cara menggunakannya adalah mengoleskan krem / salep hidrokortison setipis mungkin pada lokasi eksim. Untuk memperkuat efeknya dapat ditutup dengan sehelai plastik tipis. Bila setelah 5 hari belum menghasilkan efek, dapat dicoba jenis-jenis yang lebih kuat, antara lain hidrokortison butirat 0,1% atau triamsinolon 0,1% dan bila perlu juga dengan penutupan plastik. Biasanya eksim ringan mereda dan sembuh dalam waktu 5-10 hari.

Obat-obat lainnya, khususnya diflukortolon, paling kuat khasiatnya dan hendaknya digunakan sebagai cadangan untuk kasus-kasus yang lebih berat. Setelah lima hari (2 kali sehari) penggunaan krem dengan kortikoid ini harus dibatasi sampai 2 kali seminggu karena dibawah kulit ari sudah tertimbun cukup obat untuk bekerja selama 2-3 hari berikutnya. Pengobatan diselingi dengan suatu krem netral, misalnya krem Lanette, yang setelah tiga hari diganti lagi dengan krem obat. Begitu pula bila eksim sudah hilang, pengobatan harus diteruskan beberapa waktu lagi dengan krem lemak netral.

Efek sampingnya dapat berupa kisutnya kulit ari dan kulit jangat, yang menjadi tipis seperti kertas dan bila terbentur sedikit saja sudah menimbulkan bercak-bercak biru dan lecet. Kulit yang menipis juga tampak sebagai garis-garis.


=====================================

>>> "Super Green Plus G2" Untuk Mengobati Eksim Basah dan Eksim Kering & Penyakit Kulit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Eksim Kulit and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>